Persiapkan hal ini sebelum membuka klinik setelah PPKM

Sudah siap buka klinik Anda kembali setelah PPKM? Tetap jaga protokol kesehatan dengan menerapkan beberapa langkah berikut.

1. Memakai masker
Masker sangatlah penting dalam menghentikan penyebaran virus. Ikuti anjuran pemerintah dengan menggunakan double masker atau menggunakan KN95. Untuk pelanggan yang sedang melakukan perawatan dan tidak menggunakan masker dapat diberi jarak antara yang satu dengan lainnya.

2. Menjaga jarak
Pastikan Anda memberikan jarak antar pelanggan setidaknya 1 meter. Pemberian jarak ini harus dilakukan di semua area klinik seperti ruang tunggu, maupun ruang perawatan. Batasi juga jumlah orang yang dapat masuk ke dalam klinik di waktu yang bersamaan untuk menghindari kerumunan. Akan lebih baik jika pelanggan datang berdasarkan appointment sehingga lebih rapi dan teratur.

3. Sirkulasi udara
Pasanglah exhaust fan di beberapa area klinik agar terdapat sirkulasi udara yang baik. Ruang perawatan sangat memerlukan sirkulasi udara sehingga pelanggan merasa aman ketika mereka harus melepaskan masker.

4. Cuci tangan
Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala, bila perlu siapkan juga hand sanitizer di beberapa tempat agar dapat digunakan pelanggan maupun staff klinik.

5. Desinfeksi ruangan
Bersihkan ruangan secara berkala setiap harinya agar tetap bersih dari kuman dan virus.

6. Pembayaran non-tunai
Metode pembayaran di klinik disarankan nontunai untuk menghindari penyebaran virus dan kuman melalui uang. Pembayaran nontunai juga akan mempermudah proses pembayaran dan dapat didata secara digital

7. Pastikan kebersihan dan kesehatan staff klinik
Ikuti program vaksinasi untuk memberi perlindungan dan meminimalisir sakit berat akibat COVID-19. Lakukan juga tes antigen berkala untuk mendeteksi virus secara cepat.