Tips pasien aman saat datang ke dokter gigi

Situasi pandemi ini membuat masyarakat khawatir saat harus berpergian keluar rumah, terutama kunjungan ke dokter gigi karena prosesnya mengharuskan mereka untuk membuka masker. Beberapa hal dibawah ini dapat dilakukan untuk menjamin kebersihan klinik Anda sehingga pasien merasa aman dan nyaman saat ingin berkunjung ke dokter gigi.

1. Pastikan seluruh staff dan dokter yang bertugas datang ke klinik dalam keadaan sehat. Jika ada yang memiliki gejala penyakit sebaiknya istirahat di rumah dan melakukan test baik swab antigen maupun PCR.

2. Buka klinik dengan sistem membuat appointment terlebih dahulu agar pasien dapat datang sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, sehingga dapat menghindari kerumunan orang di sekitar klinik.

3. Berikan jeda waktu diantara pergantian pasien untuk disinfeksi ruangan, mengganti dan mempersiapkan alat-alat baru untuk pasien selanjutnya. Berikan informasi kepada pasien bahwa ruangan dan peralatan sudah di steril dan terjamin kebersihannya.

4. Sediakan tempat cuci tangan, dan atau hand sanitizer untuk pasien saat memasuki klinik. Anda juga dapat menyediakan obat kumur antiseptic untuk digunakan pasien sebelum memulai proses perawatan gigi.

5. Gunakan air purifier dengan HEPA filter untuk mengurangi dan mencegah penularan COVID-19 melalui udara. Dengan begitu, pasien pun akan merasa lebih aman walaupun tidak menggunakan masker.

6. Dokter dan perawat harus menggunakan APD lengkap, dan selalu mengganti sarung tangan setiap pergantian pasien.